Perdalam Al Qur’an Saat Liburan Sekolah

Serius: Santri putri serius mengikuti pengajian

Liburan sekolah tidak selamanya dihabiskan untuk berwisata bersama keluarga atau traveling bersama teman – teman. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh remaja masjid Nashrullah dalam rangka mengisi liburan sekolah. Selama 12 hari yakni tanggal 18-29 Desember 2017 mereka mengaji Al Qur’an, mulai baca’an sampa tafsir Al Qur’an. Kegiatan yang bertema Asrama Al Qur’an Juz 15 tersebut dilaksanakan di Masjid Nashrullah.

Kurang lebih 50 anggota remaja masjid , yang terdiri dari laki – laki dan perempuan selalu hadir memenuhi setiap sesi pengajian. Tahun ini pengajiannya dibuat berbeda dari tahun sebelumnya. “Waktu pengajian kita buat dua sesi, yakni pagi dan sore.”ujar Faqih, salah seorang mubaligh Masjid Nashrullah. Sesi pagi dimulai pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang dan sore dimulai setelah sholat ashar sampai menjelang adzan maghrib.

Dalam pengajian tersebut, santri diajarkan baca’an Al Qur’an sehingga mereka semakin mahir dalam membaca Al Qur’an dan mengetahui kaidah-kaidah ilmu tajwid. Selain itu, diajarkan juga tafsir Al Qur’an dengan tujuan para santri mengetahui dan memahami ayat demi ayat yang termaktub dalam Al Qur’an dan mampu diamalkan. “Kami menaruh harapan besar pada para genarasi muda, terutama dalam bidang agama, semoga upaya yang kita lakukan ini bermanfa’at di masa mendatang.” kata Munalis, pengurus ta’mir masjid Nashrullah.

Tujuan penting diadakannya kegiatan pengajian Al Qur’an adalah memberikan pemahaman Al Qur’an kepada remaja masjid, khususnya generasi muda islam dan bangsa Indonesia, agar benar-benar menjadi generasi yang Qur’ani, sebab dengan mereka faham dengan Al Qur’an maka mereka akan dekat dan jatuh cinta pada Al Qur’an sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat pada akhirnya mampu membentuk masyarakat yang madani. ”Ini upaya kita membentuk generasi Qur’ani, Insya Allah bisa istiqomah.” tambah Fauzi, ketua remaja masjid Nashrullah.

Kompak : Foto bersama remaja masjid Nashrullah setelah Outbond

Tidak hanya pengajian, di akhir kegiatan mereka diajak outbond di Taman Flora Surabaya untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan. (rc/86)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *