Puluhan Hati Remaja Terenyuh Ketika Membahas Bab Orang Tua

Peserta Seminar Kunci Surgaku Ada Dicintaku Padanya

PPGSUTRA.COM – Rusaknya moral remaja di akhir zaman. Khususnya tingkah laku remaja yang saat ini semakin menurun menyebabkan tingkat takdim dan tata krama kepada orang tuanya sering diabaikan.

Untuk mencegah kerusakan moral remaja yang semakin parah. Remaja masjid LDII PAC kelurahan Wonokusumo PC kecamatan Semampir bersama dengan remaja LDII PAC Kapas Madya PC Tambaksari mengadakan acara seminar remaja yang bertemakan Birul Walidain dengan judul “Kunci Surgaku Ada Dicintaku Padanya” pada Sabtu (16/03/2019) di Aula Masjid At-Taqwa Wonokusumo.

Menurut pendapat Ust Hariadi sebagai salah satu pemateri pada acara seminar tersebut. Materi tentang bab orang tua ini sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh para remaja pada saat ini. Karena pengaruh dari pergaulan bebas remaja saat ini benar-benar sangat berbahaya untuk mental dan perilaku remaja pada saat ini. Terutama perilaku mereka terhadap kedua orang tuanya.

Ust. Hariadi dan Ust. Nur Fuad ( Pemateri Seminar Kunci Surgaku Ada Dicintaku Padanya)

“Remaja saat ini. Rata – rata kurang takdim kepada kedua orang tuanya. Tak jarang pemuda yang berbicara dengan nada kasar kepada orang tuanya. Bahkan tak hanya kasar, namun ada juga yang berbicara dengan kata-kata yang kotor terhadap orang tuanya, Naudzubillah mindzalik. Maka dari itu, para remaja saat ini sangat perlu sekali untuk diberikan bimbingan materi tentang pentingnya takdim kepada kedua orang tua” tutur Hariadi.

Peserta Seminar Kunci Surgaku Ada Dicintaku Padanya

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa para remaja saat ini lebih senang menghabiskan waktunya diluar rumah bersama dengan teman-temannya daripada berada dirumah bersama kedua orang tuanya. Padahal usia manusia itu tidak ada yang bisa memprediksikan kapan habisnya.

Ust. Nur Fuad sebagai salah satu pemateri juga menambahkan bahwa anak itu sangat wajib untuk takdim kepada kedua orang tuanya. Karna peerjuangan orang tua itu sangat besar dan berat dalam mengandung, mengasuh dan mendidik anak-anaknya, maka sangat besar dosanya jika seorang anak berani membentak atau menyakiti hati kedua orang tua mereka.

Di dalam al-qur’an surat Al-Isra’ ayat 23 dijelaskan bahwa :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kalian jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua kalian  dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaan kalian , maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “uf” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Diakhir acara diadakan pemutaran syairan tentang ibu dilayar proyektor. Dan acara tersebut berhasil membuat para peserta menunduk karena merasa terenyuh,bahkan ada juga peserta yang meneteskan air matanya. Karena mengingat tentang perbuatannya kepada kedua orang tuanya selama ini.

Sesi Foto Bersama Peserta Seminar Kunci Surgaku Ada Dicintaku Padanya

”Selain ingin mengajak para kaum muda saat ini untuk terus membela agama allah. Kami juga ingin membantu mereka dalam memperbaiki moral, khususnya terhadap orang tua. Karena bagaimanapun seorang anak berkewajiban untuk takdim dan ta’at kepada kedua orang tuanya” ujar Malik selaku ketua pelaksana dalam acara seminar yang dihadiri oleh 78 peserta.

Apakah anda sudah takdim terhadap kedua orang tua anda ?. (ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *