Menjadikan Guru Al-qur’an yang Berkualitas Melalui Pelatihan Standarisasi

PPGSUTRA.COM – Menjadi seorang guru al-qur’an dengan menggunakan metode tilawati memang tidaklah mudah, maka dari itu PPG Surabaya Utara memberikan sebuah pembekalan berupa pelatihan kepada para guru al-qur’an  yang ada di TPQ LDII Se-Surabaya Utara. Judul dari pelatihan tersebut adalah “Pelatihan Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati”. Acara tersebut digelar pada 28-29 September 2019 di Masjid At-Taqwa, Jl. Wonokusumo No.158. Dihadiri oleh 80 orang peserta.

“Harapan saya adalah agar seluruh peserta bisa menerapkan metode tilawati dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas belajar anak-anak caberawit, sehingga anak-anak bisa membaca al-qur’an dengan baik dan benar.” Ujar Lubis selaku ketua pelaksana dari acara tersebut.

Seperti yag kita ketahui, bahwa metode tilawati adalah salah satu metode pembelajaran al-quran yang ada di dunia islam. Metode ini menekankan pengajaran pada pendekatan seni baca al-qur’an, yaitu dengan cara melagukan setiap materi ajar seperti gaya seni yang ada di dalam dunia seni al-qur’an. Keunggulan dari metode ini adalah dapat menjadikan murid menjadi tidak bosan dalam kegiatan belajar al-qur’an. Karena metode tilawati ini mencoba melakukan pendekatan belajar dengan menggunakan otak kanan. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian metode pembelajaran yang ada di Indonesia menggunakan pendekatan belajar dengan otak kiri.

Pemateri acara tersebut adalah Dausat Al-Baihaqi dan Ustadz Syafi’i dari Cahaya Amanah Nurul Falah.

Sesi Praktik Mengajar Tilawati

Tidak hanya tentang teori saja yang diajarkan daam acara tersbeut. Namun, didalam acara tersbeut juga terdapat sesi praktik mengajar tilawati.

Acara tersebut diakhiri dengan foto bersama. (ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *