Memperkuat Tali Silahturahmi Antar Remaja Melalui Turnamen Futsal

PPGSUTRA.COM – Turnamen Futsal Remaja Surabaya Utara kembali digelar oleh Tim Seni dan Olahraga (SOR) PPG Surabaya Utara pada tahun 2019 di Lapangan Jojoran SMP Muhammadiyah 9. Jl. Jojoran 1 No. 50 , dengan judul “LIGA Futsal Remaja Surabaya Utara”.

Tujuan dari diadakannya turnamen ini adalah untuk lebih menjaga tingkat kesinambungan pembinaan futsal di tingkat remaja. Remaja yang bertanding dalam turnamen ini adalah para remaja LDII Surabaya Utara dengan usia diatas 15 tahun.

Sistem yang dibuat dalam pertandingan ini adalah sistem kompetisi yang berbentuk LIGA. Didalam sebuah turnamen futsal, terdapat beberapa jenis sistem pertandingan, yaitu :

  1. Sistem gugur : sebuah sistem yang menggunakan format eliminasi secara langsung, yang mana Tim bermain setahap demi setahap demi menuju babak berikutnya hingga final tanpa berada dalam sebuah Grup/Tim. Jika mereka sekali main lalu kalah, maka mereka akan langsung tersingkir.
  2. Sistem Kompetisi : sebuah sistem yang menggunakan forat permainan dalam bentuk Tim, yang mana sebuah Tim berada didalam satu Grup dan bertanding dengan semua Tim yang ada. Baik sekali tanding (setengah kompetisi) atau dua kali tanding dengan format tandang / kandang.
  3. Sistem kombinasi : sebuah sistem yang menggunakan format gabungan, yaitu gabungan dari format sistem kompetisi dan format sistem gugur untuk menentukan juaranya.

Turnamen ini diikuti oleh 16 Tim Remaja yang ada di Surabaya Utara. Masing – masing Tim mewakili Remaja Masjid LDII yang ada di Surabaya Utara. Lama waktu pelaksanaan turnamen ini adalah 4 minggu, yakni pada :

Babak Fase Grup :

  • Minggu, 13 Oktober 2019
  • Minggu, 20 Oktober 2019
  • Minggu, 03 November 2019

Babak Final

  • Minggu, 17 November 2019

Setelah bermain selama 4 minggu. Akhirnya Tim yang mampu bertahan sampai final lah yang menjadi pemenang dari turnamen tersebut. Ada 3 Tim yang berhasil menjadi juara pada turnamen tersebut, yakni :

  • JUARA 1 = Tim dari Remaja Masjid Baiturrochman
  • JUARA 2 = Tim dari Remaja Masjid Al – Faried
  • JUARA 3 = Tim dari Remaja Masjid Nurul Haq

“Menurut saya acara turnamen seperti ini sangat perlu untuk diadakan, karena bisa menjadi sarana perkenalan yang baik untuk para muda – mudi yang ada di Surabaya Utara” ujar Arif selaku Kapten dari  Tim Remaja Masjid Nurul Haq. (ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *