Menjadi Seorang Entrepreneur yang Berwawasan

PPGSUTRA.COM – Tim Kemandirian PPG Surabaya Utara mengadakan Seminar Business Plan yang berjudul Sutra Business Competition (SUBICO) pada Sabtu (27/2) di Masjid Nashrullah, Tanah Merah. Acara tersebut di haridiri oleh 17 calon pengusaha atau pengusaha pemula dari unsur Remaja Masjid di wilayah Surabaya Utara.

“Acara ini memang khusus di adakan untuk calon pengusaha atau pengusaha pemula dari Unsur Remaja Masjid di wilayah Surabaya Utara,” ujar Arif salah satu panitia dari acara tersebut.

Tujuan dari acara tersebut adalah sebagai sarana untuk menggali potensi entrepreneur dan menambah wawasan dalam management bisnis melalui perencanaan model bisnis canvas.

“Peran pengusaha di era modern yaitu sebagai media dakwah dan perjuangan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa dan masyarakat,” ujar Arif.

Bisnis model canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Konsep bisnis model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya.

“Di masa pandemi ini, Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi dan para pengusaha harus melalukan sebuah inovasi yang dapat memberikan solusi bagi kondisi terkini, semisal penggunaan teknologi digital melalui e-commerce,” tambah Arif dalam penuturannya.

E-commerce (perdagangan elektronik atau e-niaga) yaitu model bisnis yang memungkinkan perusahaan dan individu membeli dan menjual barang melalui internet.

“Pengusaha yang ingin tetap bertahan di masa pandemi ini, maka pola pemasarannya juga harus diubah mengikuti perkembangan zaman yang ada, supaya tidak gulung tikar,” sahut Arif. (ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *