Pentingnya Peran Seorang Guru dalam Dunia Pendidikan

PPGSUTRA.COM – Tidak hanya memberikan sebuah ilmu, seorang guru juga mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap muridnya.

“Guru itu kalau sedang mengajar, jangan menganggap bahwa mereka hanyalah anak kecil biasa. Tapi anggaplah mereka sebagai generasi penerus perjuangan kita,” ujar Anwar, salah satu pemateri.

TOT Keterampilan Guru Caberawit

Hal tersebut disampaikan oleh Anwar Hadi, seorang pemateri pada acara “Training of Trainer (TOT) Keterampilan Guru Caberawit” yang diadakan oleh Tim Seni dan Olahraga PPG Surabaya Utara pada Minggu (4/4) di Masjid At-Taqwa, Wonokusumo, Surabaya Utara.

“Materi yang disampaikan pada acara hari ini yaitu tata cara penulisan huruf arab yang benar, membuat kaligrafi hingga belajar mewarnai secara teknik,” sahut Anwar.

Anwar Hadi menerangkan bahwa dalam mewarnai sebuah gambar itu tidak boleh asal memberi warna namun juga harus mengetahuu tentang teknik dalam mewarnai.

“Selama ini kita hanya mengajarkan kepada anak-anak tentang mewarnai saja tidak dengan tekniknya, oleh karena itu disini kita mengajarkan tentang teknik dalam mewarnai yaitu teknik blocking, teknik gradasi, teknik mixing, teknik finishing dan teknik scrabbing,” tambah Anwar.

Dalam acara yang dihadiri oleh 56 orang tersebut. Anwar Hadi juga menyampaikan bahwa peran guru sangatlah penting di dalam proses kegiatan belajar mengajar.

“Guru adalah kunci suksesnya pembelajaran dalam setiap TPQ, oleh karena itu seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam proses kegiatan belajar mengajar, supaya murid-murid dapat menerima materi dengan baik dan senang dalam belajar,” ujar Anwar.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat suasana kegiatan belajar yang menyenangkan adalah melalui ekspresi wajah yang bahagia dan murah senyum ke murid.

“Jangan pernah membawa permasalahan yang ada di rumah ke dalam forum kegiatan belajar mengajar,” pesan Anwar kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. (ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *