Membangun dan Memanfaatkan Ekonomi Digital di Masa Pandemi

PPGSUTRA.COM – Webinar Kewirausahaan dan Digital Marketing digelar oleh DPW LDII Provinsi Jawa Timur menggelar pada Minggu, 24 Januari 2021. Acara tersebut diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan diikuti oleh 293 Partisipan yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Jawa timur.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua DPW LDII Jawa Timur H. Amrodji Konawi , beliau mengatakan bahwa Dunia Marketing saat ini telah diambil oleh digital. Baik sedang berada dalam masa pandemi, maupun tidak.

“Webinar ini, merupakan upaya dari DPW LDII Jawa Timur untuk memberikan pemahaman tentang ekonomi digital yang seirama kepada seluruh warga LDII Jawa Timur. Karena kondisi pandemi saat ini ekonomi dapat mempengaruhi keimanan serta perilaku seseorang tersebut” Ujar Amrodji.

Selain itu, Amrodji juga berharap warga LDII Jawa Timur jangan sampai tertinggal atau kalah dalam hal Ekonomi Digital. Paling tidak dapat menyeimbangi.

Dalam acara tersebut Ketua Umum DPP LDII Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc juga menyampaikan bahwa di era pandemi, ekonomi diseluruh dunia, khususnya di Negara Indonesia sedang mengalami keterpurukan. Oleh karna itu, DPP LDII melakukan sebuah pelatihan yang dapat memanfaatkan teknologi.

“Acara ini di adakan supaya warga LDII sadar, bahwa ekonomi itu tidak hanya soal perdagangan jual beli saja, tapi kita juga bisa berinovasi” Ucap Chriswanto.

Pada tahun 2021 DPP LDII membuat sebuah platform jual beli yang bertransaksi secara syariah bernama PIKUB.COM, yang mana platform tersebut dapat digunakan oleh seluruh warga Indonesia, khususnya Warga LDII. Hal ini merupakan salah satu bentuk tindakan dalam menyikapi Era Digital seperti saat ini.

“Karna Warga LDII tidak hanya ada di Jawa Timur saja. Tapi juga ada di seluruh Indonesia. Maka inilah upaya dari DPP LDII dalam rangka membuat pasar dan membantu warga LDII dalam hal meningkatkan ekonomi” Tutur Chriswanto.

Melalui acara tersebut Chriswanto berharap bahwa acara ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, tapi supaya bisa berkelanjutan untuk kepentingan ekonomi warga LDII. Sehingga ekonomi warga LDII bisa terbantu meskipun dalam kondisi pandemi.

Pikub.com merupakan hasil MUNAS VIII LDII di tahun 2016. Dalam sambutannya kala itu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan akan mendukung pikub.com menjadi platform nasional.

“Jangan salah, sekarang ada Alibaba. Mereka punya logistic platform yang merajai di mana-mana. Kenapa kita tidak memiliki yang seperti itu. Kalau ada retail platform milik kita sendiri malah dijual kemana-mana. Saya sedih kalau yang bagus dicaplok oleh asing, saya mau suntik jadi bingung. Maka sebaiknya kami suntik yang tadi, pikub.co.id jadi platform nasional,” ujar Jokowi.

Setelah pelatihan ini, pikub.com ini akan dipantau implementasinya di wilayah daerah masing-masing.

“Setelah ini kami akan pantau implementasi pikub.com hingga tingkat PC dan PAC dengan harapan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi warga LDII,” pungkas Amrodji, Ketua DPW LDII Jawa Timur.(ysy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *